5 Cara Menghilangkan Pembengkakan Ambeien

Cara menghilangkan pembengkakan ambeien. Ambeien adalah penyakit yang jamak diidap oleh banyak orang di dunia termasuk di Indonesia. Penyakit ini muncul karena pembengkakan pembuluh darah pada anus atau dubur penderita. Pembengkakan terjadi karena ada tekanan di alam pembuluh vena di area anus sehingga membuat airan darah menuju ke anus terhambat. Penyakit ini bisa muncul karena beberapa fakor misalnya orang yang sering kededelen alias sulit buang air besar atau terlalu lama duduk yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Kadang juga bisa diderita oleh mereka yang suka mengejan ketia BAB, pekerja yang sering mengangkat beban yang berat, kegemukan, kurang terpenuhinya kebutuhan serat dalam makanan, sering makan yang peas-pedas, dan menderita batuk yang berkelamaan.

Ciri-Ciri Anda Menderita Ambeien atau Wasir

Mereka yang menderita ambeien pasti merasa tersiksa. Kegiatannya sehari-hari akan terganggu. Kadang kalau kambuh seharian penderita hanya bisa berbaring. Karena jangankan untuk berjalan, cuma berdiri biasa saja akan merasa sakit di bagian dubur. Beberapa gejala berikut akan dialami oleh penderita ambeien:

  1. Anus akan terasa panas khususnya ketika habis buang air besar
  2. Akan teras muncul benjolan di dubur
  3. Keluar lendir ketika buang air besar
  4. Susah buang air besar
  5. Sakit ketika buang air besar
  6. Keluar darah ketika buang air besar . Kalau penderita ambeien sudah sampa keluar darah ketika buang air besar maka seharusnya segera waspada. Karena berarti ambeiennya mulai menunjukkan gejala yang makin parah. Kadang seorang penderita ambeien tidak merasa bahwa dia akan terkena penyakit ini. Sampai dia merasa tidak nyaman sekali khususnya ketika sehabis dari WC. Bahkan mungkin seseorang baru sadar ketika sudah sampai tahap lebih lanjut, yaitu tanpa harus ke BAB tahu-tahu penyakitnya bisa kambuh.

Sesungguhnya memang penyakit ini tidak mematikan. Namun akan berakibat serius jika sudah sampai tahap yang sangat parah. Yang pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit ini dulu sering hanya menyerang kaum laki-laki saja. Namun sekarang kaum hawa pun bisa juga kena ambeien. Khususnya ketika bagi ibu yang yang mau melahirkan.

cara menghilangkan pembengkakan ambeien

Solusi yang dianggap ampuh adalah melakukan operasi. Namun sebenarnya operasi juga tidak menjamin penderita sembuh 100%. Ambeien juga bisa kambuh lagi setelah operasi. Nah daripada harus operasi lebih baik kembali ke alternatif yang lebih aman dan lebih jangka panjang.

Cara Menghilangkan Pembengkakan Ambeien Dengan Pola Hidup Sehat

Mengobati ambeien sebenarnya bisa anda lakukan tanpa harus operasi. Pertama yang harus diingat adalah ambeien ini sebenarnya lebih kepada pola hidup yang kurang benar. Anda bisa mencoba cara menghilangkan pembengkakan ambeien yang mengakibatkan rasa sakit, panas di anus tersebut dengan cara-cara sebagai berikut

Sering-Seringlah Makan Berserat Tinggi

Apa itu makanan berserat? Makanan berserat adalah jenis makanan yang mempunyai serat yang tidak bisa dicerna di usus halus. Sehingga serat ini tidak akan menghasilkan energi dan kalori. Serat yang tidak bisa dicerna ini akan menuju ke usus besar.

Di usus besar serat dari makanan akan menyerap air dari sisa-sisa makanan yang ada disaluran pencernaan sehingga akan membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini akan membantu penderita ambeien karena tidak perlu mengejan terlalu sering untuk mengeluarkan tinja.

Konsumsi serat yang banyak ini harus diimbangi dengan minum air yang banyak juga. Jika tidak maka malah bisa menambah sembelit.

Mengobati Dengan Obat Topikal Ambeien

Obat untuk menghilangkan pembengkakan ambeien ada 2 macam. Yaitu obat yang diminum dan obat yang digunakan dari luar (topikal). Yang topikal ini juga bermacam-macam caranya misalkan dioleskan, dimasukkan ke anus atau yang menggunakan zat mati rasa. Bisa anda coba jika anda mau dan bisa didapatkan di apotik terdekat.

Rendam di Air Yang Hangat

Metode ini nyaman untuk penderita yang ingin hilang atau setidaknya berkurang ambeiennya. Caranya hanya dengan menyiapkan ember yang diisi dengan air hangat suam-suam kuku. Berendamlah selama 15-20 menit selama minimal 2 kali sehari. Ingat, setelah berendam air sisa di ember harap segera dibuang ya. Jangan sampai malah dipakai oleh anggota keluarga yang lainnya. Metode ini dikenal dengan sebutan sitz bath.

Anus Harus Bersih

Jika anda penderita ambeien maka pasti daerah anus akan terasa sangat tidak nyaman, panas, nyeri dan perih juga, buat apa-apa tidak enak, paling nyaman buat berbaring, itupun kadang masih terasa jug sakitnya. Walaupun begitu, anda harus tetap menjaga kebersihan disekitar anus. Khususnya setiap selesai mandi bersihkan dengan handuk khusus yang lembut. Jangan menggunakan tisu toilet ya.

Kompres Dengan Es

Ketika ambeien hal yang layak dicoba adalah dengan mengompress dengan es. Bungkus es batu denagn kain atau lapisi dengan kain dulu setelah itu baru ditempelkan di daerah sekitar anus. Hal ini akan meredak rasa nyeri yang menyiksa akibat pembengkakan ambeien.

Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat analgetik yang bersifat meredakan nyeri bisa juga anda minum untuk mengurangi sakit akibat ambeien. Bisa dibeli di apotik seperti parasetamol, aspirin, ibuprofen dan lain-lainnya. Dengan mengkonsumsi obat-obat analgetik semacam itu biasanya mampu mengurangi rasa sakit secara instan. Meski mungkin bisa kambuh lagi tapi ini efektif untuk meredakan sakit selama beberapa hari.

Pola Hidup Yang Benar Untuk Mengatasi Pembengkakan Wasir

Beberapa pola hidup yang sehat harus mulai dibiasakan untuk mencegah dan menghilangkan pembengkakan wasir. Khususnya ketika BAB di toilet diantaranya adalah :

Tidak boleh berlama-lama ketika BAB

Jika sedang berada di toilet maka disarankan untuk tidak jongkok terlalu lama. Jika sudah selesai bisa segera mencuci dan berbilas, jangan malah berlama-lama apalagi sambil baca koran, atau melakukan aktivitas lainnya. Atau jika tinja susah keluar maka jangan juga berlama-lama menunggu atau malah sampai mengejan dengan keras agar feses keluar.
Memang tidak nyaman jika “misi di toilet belum berhasil”, namun anda harus tahu bahwa tinja susa keluar disebabkan karena kurang minum air putih, kurang serat dan kurang olahraga. Jadi anda tahu yang harus anda lakukan supaya aktivitas toilet ke depannya lancar.

Jika sudah terasa jangan ditahan

kalau terasa hendak BAB maka janganlah menahannya. Karena jika anda tahan maka bisa menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah disebabkan oleh feses yang kembali naik.

Gunakan toilet jongkok

Posisi yang paling ideal ketika BAB adalah jongkok. Karena ketika jongkok ada perubahan posisi otot-otot di daerah anus sehingga membuat feses lebih mudah keluar. Selain membuat lancar aktivitas BAB posisi ini juga menjauhkan dari resiko terkena kanker usus.
Maka kalau anda menemukan toilet duduk, maka sebaiknya posisi duduknya diakali dengan menambah pijakan sehingga kaki terangkat ke atas mirip jongkok.

Makan makanan yang berserat

Seperti yang sudah ketahui serat alami banyak ditemukan di buah, sayur, kacang, sereal dan lain-lainnya. Kalau anda mau lebih sehat secara umum, khususnya sehat di bagian pencernaan maka makanan yang anda konsumsi harus meliputi beberapa jenis makanan alami tersebut. Secukupnya dan sedikit demi sedikit. Ini lebih baik daripaa konsumsi suplemen tambahan non alami.

Minum air yang banyak

Air putih sudah cukup. Namun minum jus buah segar juga bagus, karena selain memenuhi kebutuhan cairan juga bisa mensuplai kebutuhn serat alami yang ada di dalam buah-buahan ini.

Olahraga rutin vs ambeien

Olahraga rutin dan ringan sangat membantu anda untuk terlepa dari gangguan pencernaan khususnya sembelit. Ingat sembelit, susah buang air besar merupakan salah satu pemicu pembengkakan ambeien. Cukup jalan kaki atau jogging beberapa menit tiap hari bisa memperlancar sirkulasi darah dan melapangkan saluran pencernaan anda.

Hindari Mengejan Terlalu Sering

Mengejan akibat sembelit bisa menujukkan bahwa ada kekurangan ciran atau serat di saluran pencernaan anda. Dan mengejan ini bisa menimbulkan tekanan yang kuta di area anus yang memicu wasir. Jadi kalau tidak wasir atau ambeien main parah, banyak-banyakin minum air dan makan serat alami.

Gunakan Alas Yang Empuk

Jika terasa ada pembengkanan wasir maka lebih nyaman untuk duduk menggunakan alas yang empuk supaya tidak semakin parah. Akan lebih nyaman untuk berusaha menghilangkan pembengkakan itu dulu sebelum duduk. Caranya bisa tidur, berbaring, rileks, atau posisi sujud. Karena kalau sedang bengkak dan dipakai untuk duduk bisa lebih sakit nanti wasir yang bengkak tersebut.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Kadang pekerja kantoran atau yang berhadapan dengan komputer sering duduk berjam-jam. Padahal jika menderita ambeien hal ini tidak dianjurkan. Maka sesekali berdirilah atau jalan-jalan disela-sela waktu duduk anda.

Demikian beberapa tips cara menghilangkan pembengkakan ambeien yang bisa dicoba di rumah. Kami doakan semoga wasir dan ambeien anda segera sembuh. Ada obat herbal yang bisa anda konsumsi untuk meringankan dan menyembuhkan ambeien anda. Namanya : KAPSUL DAUN UNGU. Bentuknya kapsul. Diolah dari tanaman Daun Ungu yang sudah terbukti salah satu khasiatnya mampu meredakan dan meringankan wasir dan ambeien. Khasiat daun ungu juga bisa sebagai analgesik atau anti inflamasi, yaitu mirip kerja obat penghilnag rasa sakit seperti paracetamol, aspirin dan lain sebagainya

daun ungu obat ambeien

Jika berminat bisa anda beli dengan harga 150RB PROMO : 100rb satu botolnya. Bisa hubungi kami di WA/SMS : 083 865 394 989. Harga belum termasuk ongkos kirim ke alamat anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *